UJI VALIDITAS
1. Uji Validitas Instrumen
Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat keandalan atau kesahihan suatu alat ukur (Akdon, 2004 : 143). Jika instrumen dikatakan valid berarti menunjukkan alat ukur yang digunakan untuk mendapatkan data itu valid sehingga valid berarti instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur (Sugiyono, 2004 : 137). Dari pengeertian itu dapat diartikan lebih luwes lagi bahwa valid itu mengukur apa yang hendak diukur (ketepatan).
Macam-macam validitas :
a. Validitas kontruksi (construct validity) dapat digunakan pendapat dari ahli (judgement experts). Setelah instrumen dikonstruksi tentang aspek-aspek yang akan diukur dengan berdasarkan teori tertentu, maka selanjutnya dikonstruksi oleh para ahli dengan dimintai pendapatnya tentang instrumen yang telah disusun.
b. Validitas isi (content validity), yaitu membandingkan antara isi instrumen dengan materi yang telah ada. Bila guru memberikan tes di luar jadual mata pelajaran yang telah ditetapkan, berarti instrumen ujian tersebut tidak memiliki validitas isi.
c. Validitas eksternal (external validity), yaitu instrumen diuji dengan cara membandingkan untuk mencari kesamaan antara kriteria yang ada pada instrumen dengan fakta-fakta empiris yang terjadi di lapangan. Misalnya instrumen untuk mengukur kinerja pagawai, maka kriteria kinerja pada instrumen itu dibandingkan dengan catatan-catatan di lapangan (empiris) tentang kinerja pegawai yang baik.
Langkah-langkah uji validitas :
a. Menentukan variabel penelitian
b. Menentukan dimensi dan indikator dari variabel penelitian – (bisa dengan uji validitas konstruksi).
c. Membuat soal tes/angket
d. Menentukan banyaknya responden dari populasi yang ada
e. Menskor hasil tes/angket
f. Mengolah skor dengan rumus Pearson Product Moment (PPM)

g. Membandingkan nilai korelasi dengan indeks korelasinya sebagai berikut:
0,80 – 1,00 | Sangat tinggi |
0,60 – 0,79 | Tinggi |
0,40 – 0,59 | Cukup tinggi |
0,20 – 0,39 | Rendah |
0,00 – 0,199 | Sangat rendah |
h. Menentukan nilai hitung “t”, dengan rumus :


i. Menentukan nilai tabel “t”, dengan rumus.



Untuk taraf kepercayaan biasanya 0,05 , 0,15 , 0,20 , 0,25 dan seterusnya
N = banyaknya responden
Lalu nilai ttabel lihat di tabel “t”
Alfa (α) untuk uji satu pihak (one tail test) | ||||||
0,25 | 0,10 | 0,05 | 0,025 | 0,01 | 0,005 | |
Alfa (α) untuk uji dua pihak (two tail test) | ||||||
dk | 0,50 | 0,20 | 0,10 | 0,05 | 0,02 | 0.01 |
1 | 1,000 | 3,078 | 6,314 | 12,706 | 31,821 | 63,657 |
2 | 0,816 | 1,886 | 2,920 | 4,303 | 6,965 | 9,925 |
3 | 0,765 | 1,638 | 2,353 | 3,182 | 4,541 | 5,841 |
4 | 0,741 | 1,533 | 2,132 | 2,776 | 3,747 | 4,604 |
5 | 0,727 | 1,486 | 2,015 | 2,571 | 3,365 | 4,032 |
6 | 0,718 | 1,440 | 1,943 | 2,447 | 3,143 | 3,707 |
7 | 0,711 | 1,415 | 1,895 | 2,365 | 2,998 | 3,499 |
8 | 0,706 | 1,397 | 1,860 | 2,306 | 2,896 | 3,355 |
9 | 0,703 | 1,383 | 1,833 | 2,262 | 2,821 | 3,250 |
10 | 0,700 | 1,372 | 1,812 | 2,228 | 2,764 | 3,165 |
11 | 0,697 | 1,363 | 1,796 | 2.201 | 2,718 | 3,106 |
12 | 0,695 | 1,356 | 1,782 | 2,178 | 2,681 | 3,055 |
13 | 0,692 | 1,350 | 1,771 | 2,160 | 2,650 | 3,012 |
14 | 0,691 | 1,345 | 1,761 | 2,145 | 2,624 | 2,977 |
15 | 0,690 | 1,341 | 1,753 | 2,132 | 2,623 | 2,947 |
16 | 0,689 | 1,337 | 1,746 | 2,120 | 2,583 | 2,921 |
17 | 0,688 | 1,333 | 1,740 | 2,110 | 2,567 | 2,898 |
18 | 0,688 | 1,330 | 1,743 | 2,101 | 2,552 | 2,878 |
19 | 0,687 | 1,328 | 1,729 | 2,093 | 2,539 | 2,861 |
20 | 0,687 | 1,325 | 1,725 | 2,086 | 2,528 | 2,845 |
21 | 0,686 | 1,323 | 1,721 | 2,080 | 2,518 | 2,831 |
22 | 0,686 | 1,321 | 1,717 | 2,074 | 2,508 | 2,819 |
23 | 0,685 | 1,319 | 1,714 | 2,069 | 2,500 | 2,807 |
24 | 0,685 | 1,318 | 1,711 | 2,064 | 2,492 | 2,797 |
25 | 0,684 | 1,316 | 1,708 | 2,060 | 2,485 | 2,787 |
26 | 0,684 | 1,315 | 1,706 | 2,056 | 2,479 | 2,779 |
27 | 0,684 | 1,314 | 1,703 | 2,052 | 2,473 | 2,771 |
28 | 0,683 | 1,313 | 1,701 | 2,048 | 2,467 | 2,763 |
29 | 0,683 | 1,311 | 1,699 | 2,045 | 2,462 | 2,756 |
30 | 0,683 | 1,310 | 1,697 | 2,042 | 2,457 | 2,750 |
40 | 0,681 | 1,303 | 1,684 | 2,021 | 2,423 | 2,704 |
60 | 0,679 | 1,296 | 1,671 | 2,000 | 2,390 | 2,660 |
120 | 0,677 | 1,289 | 1,658 | 1,980 | 2,358 | 2,617 |
∞ | 0,674 | 1,282 | 1,645 | 1,690 | 2,326 | 2,576 |
j. Membandingkan nilai thitung terhadap ttabel dengan ketentuan :
Jika thitung
ttabel maka item soal tersebut valid

Jika thitung
ttabel maka item soal tersebut tidak valid

Contoh :
Judul : Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1Parungponteng
Variabel : Motivasi Belajar Pserta didik
: Prestasi belajar peserta didik
Menentukan variabel, dimensi, dan indikator, yaitu :
Variabel | Dimensi | Indikator | Item Soal |
Motivasi belajar Peserta didik | 1. Disiplin 2. ………. 3. ………. | 1. Disiplin waktu 2. Disiplin mencatat 3. Disiplin masuk sekolah | 1 2 3 |
Prestasi belajar peserta didik | 1. Berakhlak karimah 2. ………. 3. ……..... | 1. Taat pada nasihat orang tua 2. Taat pada nasehat guru 3. Berbicara sopan | 4 5 6 |
Soal Angket :
1. Apakah anda dalam kegiatan belajar di sekolah selalu menerapkan disiplin waktu ?
a. Selalu | b. Sering | c. Kadang-kadang | d. Jarang | e. Tidak pernah |
2. Apakah anda dalam belajar di kelas selalu mencata apa yang sedang dibahas oleh guru ?
a. Selalu | b. Sering | c. Kadang-kadang | d. Jarang | e. Tidak pernah |
3. Apakah anda berusaha untuk selalu masuk sekolah karena kalau tidak masuk sekolah merasa tertinggal materi PAI ?
a. Selalu | b. Sering | c. Kadang-kadang | d. Jarang | e. Tidak pernah |
4. Apakah anda taat kepada setiap nasehat orang tua ?
a. Selalu | b. Sering | c. Kadang-kadang | d. Jarang | e. Tidak pernah |
5. Ketika anda di sekolah apakah anda selalu taat kepada nasehat yang diberikan oleh guru ?
a. Selalu | b. Sering | c. Kadang-kadang | d. Jarang | e. Tidak pernah |
6. Apakah anda berusaha berkata sopan kepada setiap orang ?
a. Selalu | b. Sering | c. Kadang-kadang | d. Jarang | e. Tidak pernah |
Penyebaran angket terhadap 10 orang ( populasi 100 orang dan sampel ditentukan 10% dari populasi maka sampel 10 orang ). Lihat teknik sampel.
Skoring angket :
Setiap alternatif jawaban yang diberikan diberi skor sebagai berikut :
A = 5 | B = 4 | C = 3 | D = 2 | E = 1 |
Maka diperoleh data sebagai berikut :
No Responden | Nomor Item Soal | Total Skor | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | ||
1 | 3 | 5 | 3 | 4 | 4 | 1 | 20 |
2 | 3 | 2 | 3 | 3 | 2 | 1 | 14 |
3 | 4 | 3 | 3 | 4 | 2 | 5 | 21 |
4 | 4 | 1 | 4 | 4 | 4 | 4 | 21 |
5 | 4 | 1 | 4 | 4 | 4 | 2 | 19 |
6 | 3 | 1 | 3 | 3 | 3 | 3 | 16 |
7 | 5 | 3 | 5 | 5 | 5 | 2 | 25 |
8 | 3 | 5 | 3 | 3 | 3 | 5 | 22 |
9 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 24 |
10 | 5 | 4 | 3 | 4 | 5 | 5 | 26 |
Jumlah | 38 | 29 | 35 | 38 | 36 | 32 | 208 |
Validitas butir soal no 1.
No | X | Y | X2 | Y2 | XY |
1 | 3 | 20 | 9 | 400 | 60 |
2 | 3 | 14 | 9 | 196 | 42 |
3 | 4 | 21 | 16 | 441 | 84 |
4 | 4 | 21 | 16 | 441 | 84 |
5 | 4 | 19 | 16 | 361 | 76 |
6 | 3 | 16 | 9 | 256 | 48 |
7 | 5 | 25 | 25 | 625 | 125 |
8 | 3 | 22 | 9 | 484 | 66 |
9 | 4 | 24 | 16 | 576 | 96 |
10 | 5 | 26 | 25 | 676 | 130 |
Jumlah | 38 | 208 | 150 | 4456 | 811 |






Tidak ada komentar:
Posting Komentar