Follow by Email

Fish

Minggu, 15 Januari 2012

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

  DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...............................................................................................................i
DAFTAR ISI.............................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                           
1.1  Latar Belakang…………………………………............................................................1
1.2  Rumusan Masalah...……………………………………………………………………..1
1.3  Tujuan Penulisan………………………………………………………………………...1
BAB  II PEMBAHASAN
2.1 Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan………...………………….…………....……..2
2.2  Kegiatan dalam Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan.............................................3
2.2.1        Manajemen Kurikulum..................................................................................3
2.2.2        Manajemen Kesiswaan...................................................................................4
2.2.3        Manajemen Personalia Sekolah.......................................................................4
2.2.4        Tata Laksana Sekolah.....................................................................................5
2.2.5        Manajemen Keuangan....................................................................................6
2.2.6        Organisasi Sekolah........................................................................................6
BAB III PENUTUP
 3.1 KESIMPULAN.........................................................................................................8
 3.2 SARAN DAN KRITIK..............................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………..............................................9
                                                                                        ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Administrasi pendidikan adalah tindakan mengordinasikan perilaku manusia dalam pendidikan, sebagai sumber daya yang ada dan digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara produktif.
Ruang lingkup pembahasan administrasi pendidikan difokuskan pada kegiatan administrasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah sebagai pelayanan kebutuhan sekolah di satu pihak, dan sekolah sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran dan fokus utama pelayanan belajar di pihak lainnya.
Administrasi pendidikan secara umum memiliki ruang lingkp yang lebih luas daripada administrasi sekolah. Administrasi pendidikan tidak hanya menyangkut penataan pendidikan formal, melainkan juga pada pendidikan nonformal.
Dari penjelasan di atas tadi untuk itu penulis akan mencoba memaparkan apa dan bagaimana ruang lingkup yang ada pada manajemen pendidikan tersebut.Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada bab selanjutnya.
1.2 Rumusan Masalah
1.      Bagaimana ruang lingkup dalam manajemen pendidikan ?
2.      Apa saja kegiatan yang ada pada ruang lingkup manajemen pendidikan ?
1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah tuntutan dari dosen pembimbing mata kuliah sebagai tugas kelompok, dan sebagai penunjang dalam proses perkuliahan serta dapat menambah ilmu dan pengetahuan tentang fitrah (potensi) manusia, serta dapat memahami hakekat serta pengembangannya.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
 Manajemen pendidikan seringkali distilahkan dengan administrasi sekolah seperti halnya dalam Kurikulum 1984 (Palam Buku Petunjuk Pengelolaan) disebutkan bahwa administrasi sekolah (maksudnya manajemen pendidikan) mencakup pengaturan, proses belajar-mengajar, kesiswaan, personalia, peralatan pengajaran, gedung dan perlengkapan, keuangan serta humas atau hubungan dengan masyarakat.
Ruang lingkup manajemen pendidikan itu meliputi segala hal yang pada dasarnya ditekankan pada pelaksanaan kegiatan usaha pendidikan supaya berjalan secara teratur dan tertib yang semua itu diorientasikan pada tujuan pendidikan. Karena itu butir-butir yang menjadi cakupan atau yang termasuk ke dalam skopa manajemen pendidikan sesungguhnya amat luas dan banyak.
Sementara itu, Dr. Hadari Nawawi menyatakan bahwa secara umum ruang Iingkup administrasi berlaku juga di dalam manajemen pendidikan. Ruang lingkup tersebut meliputi bidang-bidang kegiatan sebagai berikut:
a.       Manajemen Adminstrasi (administrative management).
Bidang kegiatan ini disebut juga “management of adminisrative function” yang bertujuan mengarahkan agar semua orang dalam organisasi/kelompok kerjasama mengerjakan hal-hal yang tepat sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
b. Manajemen operatif (operative management)
Bidang kegiatan ini disebut juga “management of operative function” yakni kegiatan-kegjatan yang bertujuan mengarahkan dan membina agar dalam mengerjakan pekerjaan yang menjadi beban tugas masing-masing setiap orang melaksanakan dengan tepat dan benar.


2.2  Kegiatan dalam Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
Adapun secara umum, ruang lingkup manajemen pendidikan meliputi :
2.2.1        Manajemen Kurikulum
Kurikulum memiliki arti yang sangat luas, yaitu mencakup komponen yang lengkap terdiri dari rumusan tujuan pendidikan suatu lembaga sampai dengan penjabaranya dalam bentuk satuan acara perkuliahan yang akan dilakukan oleh seorang tenaga pengajar sehari-hari.
Pengelolaan kurikulum di sekolah harus melalui beberapa tahapan, dalam hal ini ada empat tahapan yang harus dilakukan, seperti :
1. Tahap perencanaan; di mana pada tahap ini kurikulum perlu dijabarkan sampai menjadi rencana pengajaran.
2. Tahap pengorganisasian dan koordinasi; kepala sekolah pada tahap ini mengatur pembagian tugas mengajar, penyusunan jadwal pelajaran dan jadwal kegiatan ekstrakurikuler.
3. Tahap pelaksanaan; dalam tahap ini tugas utama kepala sekolah adalah melakukan supervisi dengan tujuan untuk membantu guru menemukan dan mengatasi kesulitan yang dihadapi.
4. Tahap pengendalian; di mana dalam tahap ini ada dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu: jenis evaluasi dikaitkan dengan tujuannya dan pemanfaatan hasil evaluasi.
Dalam pelaksanaan kurikulum untuk menunjang keberhasilan sebuah lembaga pendidikan harus ditunjang hal-hal sebagai berikut:
1. Tersedianya tenaga pengajar (guru) yang kompeten;
2. Tersedianya fasilitas fisik atau fasilitas belajar yang memadai dan menyenangkan;
3. Tersedianya fasilitas bantu untuk proses belajar mengajar;
4. Adanya tenaga penunjang pendidikan, seperti tenaga administrasi, pembimbing, pustakawan;
5. Tersedianya dana yang memadai;
6. Manajemen yang efektif dan efisien;
7. Terpeliharanya budaya yang menunjang, seperti nilai-nilai religius, moral, kebangsaan dan lain-lain;
8. Kepemimpina pendidikan yang visioner, transparan dan akuntabel
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan kurikulum, yaitu:
1. Pengembangan kurikulum tersebut harus memenuhi kebutuhan siswa;
2. Mengembangkan keterampilan pengelolaan untuk menyajikan kurikulum tersebut kepada siswa sedapat mungkin secara efektif dan efisien dengan memperhatikan sumber yang ada;
3. Pengembangan berbagai pendekatan yang mampu mengatur perubahan sebagai fenomena alamiah di sekolah
2.2.2         Manajemen Kesiswaan
Siswa sebagai peserta didik merupakan salah satu input yang ikut menentukan keberhasilan proses pendidikan. Pengelolaan mencakup penerimaan siswa baru, layanan bimbingan dan penyuluhan, pengelolaan siswa di dalam kelas, pengelolaan organisasi siswa intrasekolah dan pengelolaan data tentang siswa.
Berkenaan dengan manajemen kesiswaan, ada beberapa prinsip dasar yang harus mendapat perhatian berikut ini:
1. siswa harus diperlakukan sebagai subjek dan bukan objek, sehingga harus didorong untuk berperan serta dalam setiap perencanaan dan pengambilan keputusan yang terkait dengan kegiatan mereka.
2. Keadaan dan kondisi siswa sangat beragam, ditinjau dari kondisi fisik, kemampuan intelektual, sosial ekonomi, minat dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan wahana kegiatan yang beragam sehingga setiap siswa memiliki wahana untuk berkembang secara optimal.
3. Pada dasarnya siswa hanya akan termotivasi belajar, jika mereka menyenangi apa yang diajarkan
4. Pengembangan potensi siswa tidak hanya menyangkut ranah kognitif, tetapi ranah efektif dan psikomotorik.
2.2.3        Manajemen Personalia Sekolah
Pada dasarnya yang dimaksud personalia di sini ialah orang-orang yang melaksanakan sesuatu tugas untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Dalam konteks lembaga pendidikan atau sekolah dibatasi dengan sebutan pegawai. Oleh sebab itu, personalia di sekolah meliputi unsur guru (tenaga pengajar) dan unsur karyawan (tenaga administratif). Secara lebih terperinci dapat disebutkan keseluruhan personalia sekolah, yaitu kepala sekolah, guru, pegawai tata usaha dan penjaga sekolah.
Dilihat dari prosesnya, manajemen personalia sekolah mencakup mulai dari pengadaan, pengangkatan, pembinaan, pengawasan, pemberhentian dan penugasan yang perlu dicermati untuk memperoleh sistem manajemen personalia yang paling cocok dalam pendidikan.Persoalan manajemen personalia lainnya menyangkut kriteria, pembentukan, pembinaan, pengawasan dan pengembangan profesi yang mungkin dalam suatu organisasi pendidikan terdiri dari berbagai ragam profesi.
2.2.4        Tata Laksana Sekolah
Masalah tata laksana sekolah pada dasarnya cukup kompleks, namun demikian untuk telaah dapat ditelusuri pemanfaatannya dari berbagai sisi yaitu :
a)      Segi jenisnya, secara makro seluruh lingkungan fisik dalam suatu satuan pendidikan yang dirancang untuk memberikan fasilitas dalam proses pendidikan, sepeti rancangan halaman, tata letak gedung, taman, prasarana jalan, tempat parkir dan lain-lain. Sementara itu, secara mikro ada tiga komponen sarana pendidikan yang secara langsung mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran, yaitu buku pelajaran dan perpustakan, peralatan laboratorium beserta bahan praktiknya dan peralatan pendidikan di dalam kelas.
b)      Segi prosesnya, persoalan tata laksana sekolah berangkat dari desain, penyusunan naskah, standarisasi spesifikasi, penggandaan atau pengadaan distribusi, sampai pada penempatan dalam sekolah yang berkaitan dengan dukungan prasarana yang diperlukan.
c)      Segi fungsi dan pemanfaatanya, terutama dalam konteks proses pembelajaran, yaitu alat pelajaran, alat peraga dan media pengajaran. Namun secara garis besarnya tata laksana sekolah meliputi lima hal, yaitu penentuan kebutuhan, proses pengadaan, pemakaian, pencatatan atau pengurusan dan pertanggungjawaban.

2.2.5        Manajemen Keuangan
Paling tidak ada tiga persoalan pokok dalam manajemen keuangan, yaitu financing, menyangkut dari mana sumber pembiayaan diperoleh, budgeting, bagaimana dana pendidikan dialokasikan dan accountability, bagaiamana anggaran yang diperoleh digunakan dan dipertanggungjawabkan.
Sumber anggaran pendidikan menjadi semakin kompleks, sistem pengalokasiannya juga melalui berbagai jalur sehingga pengelolaan penggunannya sampai kepada pertanggungjawabanya menjadi semakin kompleks. Sistem pengelolaan pembiayaan pendidikan di pusat, provinsi, kabupaten juga sangat berbeda karena wewenang dan perolehan anggaranya juga berbeda.
2.2.6        Organisasi Sekolah
Organisasi dapat diartikan sebagai memberi struktur atau susunan terutama dalam penyusunan atau penempatan orang-orang dalam suatu kelompok. Faktor lain yang menyebabkan perlunya organisasi sekolah yang baik ialah karena tugas guru-guru tidak hanya mengajar saja, juga pegawai-pegawai tata usaha, pesuruh dan penjaga sekolah semuanya harus bertanggunmg jawab dan diikutsertakan dalam menjalankan roda sekolah itu secara keseluruhan. Dengan demikian agar tidak terjadi overlapping (tabrakan) dalam memegang atau menjalankan tugasnya masing-masing, diperlukan organisasi sekolah yang baik dan teratur. Dengan organisasi sekolah yang baik dimaksudkan agar pembagian tugas dan tanggung jawab dapat merata kepada semua orang sesuai dengan kecakapan dan fungsinya masing-masing.
Adapun faktor yang dapat mempengaruhi perbedan-perbedaan dalam susunan organisasi sekolah, antara lain:
a. Besar kecilnya sekolah
    Ada sekolah yang memepunyai banyak murid, banyak guru dan banyak pula ruangan belajarnya, tetapi ada pula yang sebaliknya.
b. Letak sekolah
    Letak sekolah atau lingkungan sekolah menetukan tokoh-tokoh masyarakat siapakah yang perlu diikutsertkan di dalam membangun dan membina sekolah itu.
c. Jenis dan tingkatan sekolah
    Sekolah kejuruan berbeda dengan sekolah umum, sekolah dasar tidak sama dengan SLTP/SLTA, dan berbeda pula dengan perguruan tinggi. Tujuan khusus tiap-tiap sekolah yang tidak sejenis itu tidak sama.
Untuk memberikan gambaran dan pengertian yang jelas, perlu dikemukakan suatu susunan organisasi sekolah sebagai contoh organisasi sekolah yang agak besar (SLTP/SLTA).








                                                   BAB III
PENUTUPAN

3.1 Kesimpulan
            Manajemen adalah suatu rangkaian tindakan dengan maksud untuk mencapai hubungan kerjasama yang rasional dalam suatu sistem administrasi. Administrasi pendidikan memberikan pedoman tentang bagaimana wawasan yang diperoleh dari pemahaman tersebut untuk diterapkan dalam sekolah sebagai satuan organisasi pendidikan terdepan untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat pemakai jasa pendidikan.
            Dengan adanya ruang lingkup dalam administrasi atau manajemen pendidikan organisaisi pada sekolah sekolah akan menjadi tertib dan lebih terorganisir sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada masing masing pihak.

3.2  Kritik dan Saran
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini banyak terdapat kekurangannya, untuk itu kami sangat mengharapkan masukan-masukan untuk menunjang perbaikan makalah ini untuk menuju kearah kesempurnaan.Semoga makalah yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua.







DAFTAR PUSTAKA


Mudgarhardjo, Redjo, (2004), Suatu Pengantar Filsafat Ilmu Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Drs. Ahmad Rohani, HM & Drs. H. Abu Ahmadi (1990), Administrasi Pendidikan Sekolah, Bumi Aksara, Jakarta,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar